PROMOTING LESSON STUDY AS ONE
OF THE WAYS FOR MATHEMATICS TEACHERS PROFESSIONAL
DEVELOPMENT IN INDONESIA: The Reflection on Japanese Good
Practice of Mathematics Teaching Through VTR, 2002-2005
Marsigit
Cerminan praktik mengajar yang baik matematika bentuk konteks berbeda melalui VTR adalah tebukri mendorong dan memotivasi guru untuk meningkatkan kompetensi mengajar mereka. Untuk mengembangkan studi pelajaran, pendidikan memiliki beberapa manfaat sebagai:
a) ringkasan pendek dari pelajaran dengan penekanan pada masalah-masalah utama dalam pelajaran
b) komponen pelajaran dan kegiatan utama dalam kelas
c) kemungkinan masalah untuk diskusi dan refleksi dengan guru mengamati pelajaran
Menurut Isoda, M, Lesson Study dibagi menjadi tiga bagian:
a) perencanaan pelajaran
b) bagian observasi
c) bagian diskusi dan refleksi.
Guru di Indonesia dapat mengamati pelajaran dari konteks yang berbeda di negara yang berbeda (misalnya Jepang) melalui VTR. Jika kita amati proses belajar mengajar melalui VTR, ringkasan pendek perlu pemahaman dan kita perlu mengamati beberapa kali VTR untuk memahami isinya dengan jelas. Setelah melakukan ini, mungkin arrise isu-isu yang berguna untuk diskusi dan refleksi serta untuk mencerminkan
pada praktek-praktek yang baik, pelajaran yang baik atau pelajaran inovatif untuk reformasi pendidikan matematika. Dalam proses pra-pelayanan pendidikan guru, penting untuk mengembangkan perspektif guru. Belajar mendengarkan adalah kata kunci untuk pendekatan ini. Dalam kasus Jepang, studi pelajaran biasanya dimulai dengan mengembangkan rencana pelajaran. Pada tahap ini, guru memecahkan dan menimbulkan masalah dari perspektif siswa. Dengan menganalisis masalah, guru mengembangkan cara yang baik mempertanyakan. Penting untuk menambah format
jenis seperti deskripsi dari titik pandang pelajaran asli tapi bahkan jika kita menambahkan deskripsi yang kita lakukan tidak perlu diikuti karena kontekstualisasi ulang dilakukan oleh pengguna VTR.
No comments:
Post a Comment