Thursday, September 15, 2011

Mathematics Teachers’ Professional

Development through Lesson Study

in Indonesia

Marsigit

The State University of Yogyakarta, Yogyakarta, INDONESIA

Received 10 June 2006; accepted 19January 2007

Top of Form

PTujuan dari kegiatan Lesson Study adalah untuk memberikan kontribusi peningkatan sekunder pendidikan matematika dengan mengejar praktik yang baik dari mengajar matematika (Marsigit, 2003). Pelajaran Studi untuk matematika sekunder dilakukan terutama dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan praktek belajar mengajar dan untuk menemukan metode yang paling tepat untuk memfasilitasi siswa dalam belajar.

Tujuan spesifik kegiatan Lesson Studi adalah:

(1) mengembangkan instrumen dan peralatan untuk proses belajar mengajar,

(2) mengembangkan metode pengajaran dan model untuk proses belajar mengajar

(3) mengembangkan materi mengajar untuk proses belajar mengajar

(4) mengembangkan evaluasi mengajar untuk mengajar proses belajar.


Lesson Study dapat meningkatkan antusiasme, motivasi, kegiatan, dan kinerja siswa. Juga dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam hal kinerja pengajaran, variasi metode pengajaran / pendekatan, kolaborasi. Hal ini menuntut guru untuk beralih dari pembelajaran berpusat pada guru menjadi student centered. Guru mengembangkan metode pengajaran berbasis pada kegiatan dan kehidupan sehari-hari, memanfaatkan bahan-bahan lokal. Siswa belajar aktif dan terlibat dalam diskusi untuk berbagi ide diantara teman-teman sekelas. Siswa belajar dan menikmati ilmu pengetahuan matematika selama Kegiatan Lesson Study karena beberapa alasan. Menurut siswa, pelajaran itu menjadi tidak begitu formal, isinya lebih mudah dipahami, para siswa mampu mengekspresikan ide-ide mereka, para siswa punya banyak waktu untuk mendiskusikan dengan teman sekelas mereka, dan para siswa mendapat pengalaman lebih dalam sains dan matematika. Selanjutnya, guru mengembangkan metode alternatif untuk membiarkan siswa belajar dan untuk membangun konsep-konsep mereka sendiri. Namun, guru perlu lebih banyak waktu untuk membiasakan diri mengembangkan model mengajar dengan metode mereka sendiri.
Proyek Lesson Study
terbukti sangat efektif dalam mengangkat semangat siswa dalam belajar matematika, dalam membantu siswa untuk mengembangkan eksperimental dan keterampilan diskusi, dalam memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan konsep ilmiah mereka sendiri sendiri. Dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme, para siswa dapat menemukan gaya terbaik mereka belajar. Kompetisi meningkat antara kelompok-kelompok mahasiswa dalam menyajikan hasil kerja mereka dan membela presentasi mereka. Sebagai hasil dari kegiatan Lesson Study ada banyak materi pengajaran telah dikembangkan baik oleh dosen atau guru.
Guru perlu membudayakan inovasi roses belajar mengajar yang memenuhi kebutuhan akademik siswa , mendorong siswa untuk menjadi pembelajar aktif, mengembangkan berbagai strategi mengajar, mengembangkan bahan pengajaran yang bervariasi, dan dalam pengembangan evaluasi pengajaran. Beberapa kendala diantaranya sebagian besar siswa tidak siap atau tidak mampu menyajikan ide-ide mereka, kurangnya fasilitas pendidikan pada sebagian besar sekolah dan tidak mudah untuk mengambil keseimbangan antara pencapaian kompetensi siswa dan mempertimbangkan proses mereka belajar.

No comments:

Post a Comment